Salma dan Atiqa, Anak Hakim yang “Ikut” Jadi Relawan

Pon­tianak, pe­ti­tum.id- Salma (9) dan Atiqa (5) ke­d­u­anya mas­ing-mas­ing masih duduk di SD Ke­las 4 dan TK bertanya kepada un­tuk apa ayah­nya sibuk mem­bungkus paket-paket sem­bako pada Senin malam (13/​4/​2020).

Sam­bil mem­bungkus sem­bako berisi be­ras, sar­den, mie dan hand san­i­tizer Anang Suseno Hadi men­je­laskan kepada ke­dua anaknya bahwa dampak virus corona tak hanya mem­buat mereka tak bisa ke seko­lah.

“Virus corona ini juga mem­buat banyak orang tak bisa pergi bek­erja dan kalo mereka tak bek­erja maka mereka belum tentu bisa makan seperti kita,” ujar Anang pada ke­dua anaknya.

Anang tak menyangka pen­je­lasan­nya jus­tru mem­buat ke­dua anaknya pergi ke ka­mar mengam­bil ce­len­gan mereka un­tuk dis­er­ahkan kepada Ayah­nya.

“Am­bil ini se­mua yah, un­tuk te­man yang mau Ayah bagikan,” kata Salma.

Anang tak kuasa mena­han rasa harunya. Dua anaknya yang masih ke­cil meny­er­ahkan tabun­gan­nya yang tak se­ber­apa jum­lah­nya un­tuk ikut dibagi bersama paket sem­bako yang telah ia siap­kan.

Anang lalu mema­sukan uang tabun­gan anaknya kedalam am­plop putih bersama ke­dua anaknya sem­bari mengin­gat saat ia men­jadi Relawan gempa di Palu. Anang teringat anaknya yang juga ikut meni­tip­kan mainan un­tuk anak-anak di Palu be­ber­apa waktu lalu.

Anang sendiri telah bergabung dalam kegiatan kerelawanan se­jak gempa di Lom­bok NTB tahun 2018 lalu. Tak hanya bersama Relawan 69 tapi juga bersama Relawan Ikatan Hakim In­done­sia (IKAHI).

Hakim PTUN Man­ado ini dike­nal tak banyak bicara tapi se­lalu berse­dia bek­erja. Kole­ganya Akd­hiat men­gakui kin­erja Pu­tra Lam­pung terse­but.

“Kalo Anang manut bae dia, taat asas, apalagi kalo kegiatan-kegiatan sosial, cepat dia,” ujar Hakim PTUN Pon­tianak yang akan segera berpin­dah ke ibu kota terse­but.

Anang men­ga­jarkan sol­i­dar­i­tas dan em­pati pada anak-anaknya se­jak dini. Pela­jaran dari se­o­rang relawan la­pan­gan sama seperti yang di­con­tohkan para se­niornya.

Se­lasa pagi Anang akan kem­bali men­jalankan tu­gas­nya mendis­tribusikan paket sem­bako plus uang tabun­gan anaknya sete­lah se­hari se­belum­nya Anang men­gan­tarkan APD titi­pan relawan ke RS . Prof. Kan­dou di Man­ado.

Marta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *